admin 5 months ago

Ibarat Karya Seni berbalut TWS

Audio > Earbud > Sabbat Vooplay Lynn.

SABBAT VOOPLAY LYNN  
Ibarat Karya Seni berbalut TWS

Kali ini saya mendapatkan pinjaman dua TWS yang menarik dari kawan saya yang berbaik hati meminjamkan. Yang akan kita bahas pertama adalah si cantik nan menawan yang bernama Vooplay Lynn. Sabbat sepertinya menghabiskan banyak waktu mendesain kemasan Vooplay Lynn ini, terlihat sangat menarik dan eye catching, sepertinya terinspirasi dari film jepang ldiihat dari komposisi warnanya.  

Sabbat ini seingat saya sudah cukup lama merknya. Hanya saja dulu itu merk antah berantah yang belum banyak dikenal, jadi dengan kemasan yang sangat menarik plus mereka punya akun toko official di ecommerce menunjukkan mereka sangat serius ingin merogoh uang yang ada di dompet anda. Harganya juga cukup deg deg seer, Rp. 999.000. Jadi sebelum kalian membeli dan menyesal simak saja 5 hal yang menurut saya penting untuk dibahas.

5 Hal Penting Sebelum Membeli Sabbat Vooplay Lynn

Packaging dan Aksesoris Harga 1 juta, tentu kita berharap packaging yang wah dan aksesoris yang cukup banyak bukan? Dan . . . Kalau bicara packaging saya bisa kasih 4 Jempol saya. Kotak besar, pemilihan font dan warna yang sangat baik, bahkan kertas manualnya saja cetakannya kualitas majalah. Tapi kalau bicara aksesoris yaa karena ini TWS bermodel earbud jadi memang tidak ada eartips, jadi Sabbat hanya memberikan soft case dari kulit imitasi yang terlihat mahal, kabel charger dan adaptor chargingnya kalau kalian beli di toko officialnya.

Build Quality dan Penampilan housing twsnya semua terbuat dari plastik tapi warna dan finishing doffnya ini ya ampun bagus sekali. Kesan plastiknya bukan plastik murah tapi tetap solid. Dan dari penampilan silahkan lihat foto foto yang saya ambil dan lihat betapa cantiknya si Vooplay Lynn ini. Sepertinya cocok kalau kalian mau kasih kado ke seseorang.

Charging Case dan Konektivitas eh ini kok empuk empuk di pegang charging casenya? Ternyata di balut kuliittt, haha luar biasa sabbat warnanya pun disamakan dengan warna twsnya. Lagi lagi 4 jempol untuk build quality charging casenya. Selanjutnya yang tak kalah penting adalah ukuran charging casenya yang tergolong mungii, sangat mudah untuk masuk ke saku celana. Oh dan charging casenya bisa di charge wireless kalau kamu orang yang anti ribet. Bicara konektivitas, masih tergolong standar TWS saya coba jarak optimalnya ~3 meter dengan kondisi berlapis tembok. Si Vooplay Lynn ini baru mendukung sampai konektivitas aptX.

Kenyamanan kalian lihat dari fotonya kan? Bentuknya imitasi dari earpod, jadi buat kalian yang sebelumnya pernah pakai earpod ya ini rasanya mirip mirip. Untuk saya sendiri, kepalanya yang mirip earpodnya itu sih nyaman, namun sisa housingnya yang berbentuk bundar itu terlalu besar dan cukup nyeri kalau didorong terlalu dalam. Jadinya kalau dipakai sedikit jendol keluar. Jangan coba pakai ini buat aktivitas olahraga ya, karena fittingnya saya rasa tidak bisa bertahan kalau terlalu banyak goncangan. Dipakai untuk dengar dengar cantik saja.

Suara

Note : Saya menggunakan Pixel 3 sebagai source dan musik musik dari Youtube yang masteringnya bagus. Sebagai pembanding sesama TWS saya ada Vyatta Airboom Phantom.

- Heart – Alone
- Anggun – Mimpi
- Dewa 19 live Sounds from the Corner – Cukup Siti Nurbaya
- David Gilmour live in Pompeii – Comfortably Numb

Bass Apa kalian bisa tebak si Vooplay Lynn ini pakai driver apa dari bentuk housingnya? Saya sangat yakin ia menggunakan Dynamic Driver. Jadi seperti earbud pada umumnya, suara bassnya cenderung kecil dan sangat tight dengan speed yang cekatan. Jangan berharap sensasi yang boom boom di sektor sub bassnya ya. Nikmati saja mid bassnya yang punchy khas Dynamic Driver.

Vokal Mau mengetes apakah vokal cans kamu oke ? Cukup dengarkan lagu lagu Heart, disitu adalah surga high pitch dan sangat amat rawan sibilance. Mau mengetes tekstur vokal ? Dengarkan lagu lagu Anggun di album best of. Dari lagu lagu heart dan anggun, si Vooplay Lynn ini karakter vokalnya cukup netral tidak terlalu tebal dengan upper mid yang masih nyaring namun tidak sampai sibilance. Tekstur vokal Anggun masih cukup oke namun tidak sampai membuat terlena.

Treble, Vooplay Lynn ini cocok buat yang suka mendegarkan detail detail pada sebuah lagu. Lagu Siti Nurbaya sangat nikmat didengarkan, suara gebukan cymball Agung Yudha yang super presisi terdengar nikmat, distorsi distorsi petikan gitar Andra juga menggigit. Overall cocok buat kalian yang suka dengan suara yang detail namun tidak sampai fatigue.

Teknikalitas Suka suara yang airy dan luas seluas lapangan bola? Dengan design earbudnya itu si Vooplay Lynn menawarkan suara yang lapang dan lepas dari segala belenggu. Separasinya masih tergolong oke, stagingnya tidak terlalu deep atas bawahnya, namun soal luasnya seperti sudah disinggung sebelumnya luaaaass.

------------------------------

Kesimpulan Vooplay Lynn ini ibarat karya seni untuk saya, dengan attention to detail, build quality dan penampilannya yang seperti itu 1 juta mungkin jadi harga yang tanggung. Bisa membuat persepsi kemahalan, sekalian saja naikkan harganya ke 1,3 ~ 1,5 juta. Jadi bisa membuat efek placebo kalau ini barang berkualitas. Soal suara apakah worth it? Yaa kalau mau suara yang sama atau lebih baik di kabel bertebaran mulai dari merk chifi tidak jelas hingga lokal. Namun untuk earbud TWS ? Saya rasa masih sangat bersaing.

Sekian dan jangan lupa selalu eksplor lagu lagu baru setiap bulannya. Jangan jadi audiophile yang gonta ganti set up tapi dengarnya hanya Yao Si Thing saja ;).

Galeri


Rating
Rata Rata

7.4

Suara 7.0

Kualitas 9.0

Kenyamanan 6.0

Aksesoris 7.0

Value 8.0

Review

Buat Reviewmu

Bagikan ceritamu tentang produk ini.

Bagikan

Suka Artikel ini?

Bagikan ke Social Media