admin 4 months ago

Thanks for This Gem, EGGEL

Audio > Earphone > Eggel LibertyBuds II.

EGGEL LIBERTYBUDS II 
Thanks for This Gem, EGGEL

Ini merupakan kali kedua saya coba blind buy TWS setelah sebelumnya beli Vyatta Airboom Phantom yang cukup memuaskan. Karena puas, sayapun akhirnya coba mencari merk lokal lagi namun kali ini dengan budget 300 ribu. Budget yang menurut saya pas untuk mencari TWS entry level. Singkat cerita ketemulah dengan merk Eggel yang punya deskripsi yang menarik “Tidak puas kembalikan barang dalam 7 hari”. Wow sangat menarik, dan tidak ada syarat aneh aneh untuk garansi kepuasan ini ketika saya tanyakan lewat chat. OK! Saya beli saat itu juga.

Paket datang selang 2 hari, skip skip skip langsung mencoba suaranya dan apakah saya terbesit menggunakan satisfaction guarantee nya? Oh boy, not even in a slight of mind. Impresi awal suaranya mengingatkan saya dengan suara netral Havi B3 Pro 1 dengan bass yang lebih mengisi.

Skip ke 5 Hal Penting, jika tidak ingin membaca intro terlalu panjang.

NB : Barang merupakan pembelian pribadi secara blind buy tanpa melihat review sebelumnya.

------------------

Sedikit cerita tentang Havi B3 Pro 1, ia adalah IEM dengan tipikal suara yang sangat saya suka, netral dengan soundstage luas dan sangat bisa dipush mengikuti selera kita, tinggal dimainkan di kabel M2M, Amplifier atau DAP. Dan si Eggel ini menjadi reinkarnasi Havi B3 Pro 1, atau malah mungkin Havi B6 yang digadang gadang improve di bass, satu satunya sektor yang kurang di Havi B3 Pro 1. Tapi Havi ternyata hanya jadi merk Unicorn yang bertahan seumur jagung dan Havi B6 tidak pernah keluar. Oiya harga Havi B3 Pro 1 sekitar 80 SGD dan saya beli dari luar sebab tidak ada pedagang lokal yang memasukkan diawal keluarnya (dulu pedagang audio portable bisa dihitung jari).

Ah . . Maaf jika intronya terlalu panjang, karena memang dari segi suara ada kemiripan dengan Havi B3 Pro 1, IEM kesayangan yang dibela belain cari yang sama waktu rusak. Jadi mari langsung saja kita bahas lebih dalam.

------------------

5 Hal Penting Sebelum Membeli Eggel LibertyBuds II

Packaging dan Aksesoris yang Cukup

Harga 300 ribu ternyata tidak membuat kualitas packaging dan aksesoris menjadi menciut, 11:12 dengan Vyatta Airboom Phantom diharga 600 ribuan. Didalam terdapat voucher, petunjuk manual, kartu garansi, eartips (S,M), dan kabel charging.

Build Quality dan Penampilan yang Layak

Semuanya terbuat dari plastik dengan finishing matte black dan sama sekali tidak terlihat murah. Tapi karena finishing mattenya tadi, mudah meninggalkan bercak minyak. Segi penampilan sih mungkin tidak akan membuat orang nengok dan bertanya “apa tuh?!?”, lebih cenderung ke kesan stealthy dan hampir tidak menarik perhatian kecuali dari ukurannya yang cenderung besar sehingga menonjol keluar. Oh dan ini klaimnya sudah IP-X5 water splash resistant, 300 ribu looo sudah IP-X5.

Charging Case dan Konektivitas yang Oke

Finishing charging casenya senada dengan TWSnya, plastik dengan finishing matte black. Ukurannya memang bukan yang termungil, 11:12 dengan charging case Vyatta Airboom Phantom, dimensinya mungkin ringkas namun terlalu tebal jika masuk ke kantong. Soal konektivitas sudah mendukung standar codec aptX, dengan protocol bluetooth 5.0. Tidak sampai yang wah dengan aptX Hd atau LDAC, but hey it’s only Rp. 300.000 !. Jarak optimal konektivitasnya standar +/- 3 meter dan saya tidak mengalami masalah putus atau delay berarti saat mendengarkan lagu / video.

Kenyamanan yang Menyiksa

Beberapa komplain di ecommerce menyebutkan ukurannya terlalu besar dan kurang nyaman. “Ah seberapa besar sih hanya TWS single driver” dibenak saya sebelum membeli. Daan . . begitu dicoba, iyess! Definitely too big and it’s damn hurt in my ear if it sit in the wrong position. Terutama pada kuping kiri saya yang kanal (lubang telinga)nya lebih rapat dari yang kanan.

Alasan kenapa sakit itu bukan ukuran shellnya, tapi noozlenya yang tidak punya leher! Langsung menepel ke body shellnya. Jadi untuk mencari posisi yang seimbang antara nyaman dan kedap sedikit menyita waktu. Obatnya? Ganti eartips paling nyaman yang kalian punya, saya ada eartips Final Audio dan JVC Spiral Dots. Spoiler alert, suaranya terasa signifikan berubah sesuai eartipsnya !!.

Fitting di Eggel ini sangat krusial, ini adalah kunci untuk mendapatkan suara magicnya. Terlalu kedap maka bassnya jadi sangat dominan, terlalu mundur suaranya tidak full. Jadi saran saya sebisa mungkin cari fitting agar dia tidak sampai posisi vacuum, tapi masih tersisisa sedikiiit ruang untuk udara masuk ke ear canal.

Suara yang Netral dan Lembut

Note : Saya menggunakan Pixel 3 sebagai source dan musik musik dari Youtube yang masteringnya bagus. Sebagai pembanding sesama TWS saya ada Vyatta Airboom Phantom.

- Queen – Teo Toriatte
- Reza Artamevia Live Sounds from the Corner
- Heart – Silver Wheels
- David Gilmour Live at Pompeii 2016 – 5 A.M
- Led Zeppelin Live at the O2 Arena London 2011 – Stairways to Heaven

Preliminary Seperti spoiler diatas sebelumnya, Eggel ini bisa diajak bermain dengan eartips. Dari 3 eartips suara terbaiknya adalah JVC > bawaan > Final Audio. Sedangkan kenyamanan terbaik, Final > JVC > bawaan. Sebagai info, JVC Spiral dots memiliki bore yang sangat besar dan bentuknya tidak terlalu mengerucut, ini sangat membantu mengendalikan bassnya yang masih sedikit terlalu besar.

Impedansinya tertulis 16 ohm, tapi entah mengapa sangat haus power (mungkin sensitivitasnya rendah). Jadi kalau mau keluar suara magicnya, minimal harus set volume di 85% pada pixel 3 saya.

Bass nya immersive, cukup besar namun pulen. Kick dan head drum terasa mantap punchnya. Namun memang sedikit keteteran untuk nada bass dengan tempo cepat.

Kalau mau digambarkan, lower bassnya mengisi dengan mid bass yang hampir sama kuantitasnya. Bagi seorang pemain bass gitar, saya yakin cocok karena sangat terdengar suara betotan” bass di Eggel ini.

Sayang masih terlalu besar kuantitas lower bassnya. Karena ini TWS, jalan terakhir untuk mengurangi bassnya selain ganti eartips adalah ganti source. Tapi dengan source Pixel 3 sekarang saya sudah cukup puas.


 

Vokal mungkin untuk yang suka karakter vokal warm dan sweet khas Shure tidak didapatkan disini. Tapi suara vokal yang dibawakan sangat netral dan minim kolorasi, mengikuti dengan apa yang musik kita dengarkan. Untuk positioning juga pas ditengah. Tidak ada upper mid yang menyerang, kecuali memang rekaman lagunya yang seperti itu.

Di lagu Teo Toriatte, dimana suara bassnya minim, kita sangat bisa menikmati betapa intim suara Freddie Mercury. Kecapan bibirnya yang dekat dengan mic terdengar jelas. Kedinamisan octave range Freddie sangat nikmat di lagu ini.  

Untuk Vokal ini cakep banget lah.

Treble, tidak terlalu crystal clear dan cring cring amat, tapi gurih. Suara cymball memang tidak nyaring hingga kita sadar setiap ketukannya, tapi kita masih tahu kalau memang ada. Tidak malu malu kok treblenya, hanya dibawakan dengan kesan lembut dan non fatigue.

Pada lagu singkat instrument seperti Silver Wheels, Oh . . . betapa indahnya petikan hingga gesekan terkecil dari permainan gitar Nancy Wilson. Untuk saya pribadi, kalau didengarkan dan saya suka maka treblenya boleh dikatakan mantab.

Teknikalitas Eggel LibertyBuds ini mencoba memberikan kesan yang intim yang deep dengan imaging yang baik. Separasi pada lagu dengan instrumen yang kompleks saling bersautan memang kurang spesial, tapi pada lagu dengan tempo yang sedikit lebih santai, ehmm . . . very special !. Semua instrumen dapat di absen satu persatu dan terasa sangat lively.

------------------------------

Kesimpulan Akhirnya kita masuk ke kesimpulan. Jadi apa kesimpulan untuk Eggel LibertyBuds II ini? Apakah 1. Skip, 2. Pertimbangkan atau 3. Beli. Saran saya adalah langsung BELI !! Kalau kalian cari TWS dengan suara bass yang immersive tapi tidak mengorbankan sektor lainnya (dengan catatan kalian mau beli eartips yang lebih nyaman).

Untuk saya pribadi, tidak ada sedikitpun penyeselan setelah beli ini. Hanya untuk LibertyBuds versi selanjutnya jika bisa disajikan dengan housing sekecil Vyatta Airboom Phantom dan proporsi bassnya dikurangi, ohh it will be a perfect TWS !

Sekian dan jangan lupa selalu eksplor lagu lagu baru setiap bulannya ;)

Galeri


Rating
Rata Rata

7.4

Suara 8.0

Kualitas 7.0

Kenyamanan 6.0

Aksesoris 7.0

Value 9.0

Review

Buat Reviewmu

Bagikan ceritamu tentang produk ini.

Bagikan

Suka Artikel ini?

Bagikan ke Social Media